• Selasa, 16 Agustus 2022

Mengenal Infeksi Paru, Kondisi yang Diidap Tjahjo Kumolo Sebelum Wafat

- Sabtu, 2 Juli 2022 | 06:39 WIB
Alm Menpan RB, Tjahjo Kumolo
Alm Menpan RB, Tjahjo Kumolo

 

TIMESUMSEL.COM, JAKARTA.- Apa itu infeksi paru? Kondisi ini disebut sempat diidap Menpan RB, Tjahjo Kumolo sebelum meninggal dunia. Diketahui, ia juga mengalami sejumlah komplikasi yang membuat kondisinya semakin memburuk.

"Awalnya kecapekan, letih, pekerjaan yang berat. Kemudian setelah jatuh sakit komplikasi, ada paru-paru, diabetes, asam urat. Orang sakitkan komplikasinya berarti multi organya," papar politikus PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno  dikutif dari CNNIndonesia, Jumat (1/7/2022).

Tjahjo sempat dirawat di RS Abdi Waluyo selama dua minggu akibat infeksi yang menyebar di paru-parunya. Keluarga mengatakan kondisinya sempat membaik.

"Ada infeksi yang menyebar sampai ke paru-parunya," ujar Rahajeng Widyaswari, putri Tjahjo, Minggu (16/6).

Apa Itu Infeksi Paru?

Infeksi paru disebabkan oleh mikroorganisme berbahaya, seperti virus, bakteri jamur, maupun parasit yang menyebabkan kerusakan dan peradangan di saluran udara atau jaringan paru-paru.

Menurut dokter spesialis paru dari RS Persahabatan, Dr dr Agus Dwi Susanto, SpP(K), Kondisi ini bisa menyebabkan gangguan oksigen yang masuk ke dalam darah, sehingga pasien mengalami sesak napas.

"Infeksi pada paru menyebabkan kerusakan jaringan paru, apabila kerusakan jaringan paru luas menyebabkan gangguan oksigen yang masuk ke dalam darah sehingga pasien menjadi sesak napas. Pada kondisi yang berat dan luas dapat menyebabkan gagal napas dan berisiko kematian," ucapnya saat dihubungi detikcom, Jumat (1/7/2022).

Gejala Infeksi Paru

Halaman:

Editor: Awan A

Tags

Terkini

Terpopuler

X