• Selasa, 6 Desember 2022

Buron 2 Tahun Kasus Korupsi, Eks Sekwan PALI Ditangkap

- Jumat, 11 Februari 2022 | 07:19 WIB
arif
arif

TIMESUMSEL.COM, PALEMBANG.- Mantan Sekretaris Dewan (Sekwan) di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Sumatera Selatan (Sumsel), Arif Firdaus ditangkap oleh tim tabur Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumsel setelah menjadi buronan selama dua tahun.

Seperti dikutif dari laman kompas.com, Arif sebelumnya telah divonis bersalah oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Palembang atas kasus korupsi Pengelolaan Belanja Daerah pada Sekretariat DPRD Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Tahun Anggaran 2017.

Dalam kasus tersebut, Arif telah menyalahgunakan jabatannya sebagai Sekwan dengan melakukan pengadaan fiktif yang tak sesuai seperti dalam anggaran hingga menimbulkan kerugian negara sebesar Rp 6,1 miliar.

Kasi Intel Kejaksaan Negeri (Kejari) PALI Zulkifli mengatakan, sejak diputuskan bersalah dalam sidang In Absentia (tanpa menghadirkan terdakwa), Arif telah menghilang dari peradaran hingga akhirnya ditetapkan masuk daftar pencarian orang (DPO). Setelah dilakukan pencarian, Arif bersama istri dan keempat anaknya ternyata tinggal di sebuah tempat dekat pondok pesantren di Kampung Babakan Pameungpeuk, Desa Wanasari, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. "Di sana terdakwa ini bekerja sebagai penjaga pondok pesantren dan istrinya menjadi tukang masak. Empat anaknya juga dibawa ke sana," kata Zulkifli saat berada di Kejati Sumsel, Rabu (9/2/2022).

Menurut Zulkifli, saat penangkapan berlangsung, Arif pun pasrah melihat kedatangan petugas. Ia langsung menyerahkan diri disaksikan oleh istri dan keempat anaknya pada Selasa (8/2/2022) malam.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Miris, Perkara Hutang Nyawa Melayang

Senin, 24 Oktober 2022 | 16:26 WIB

Konter HP Dibobol, Voucher Paket Data Digondol Pepek

Kamis, 8 September 2022 | 17:14 WIB

Mayat Tanpa Identitas Mengapung di Sungai Lakitan

Kamis, 8 September 2022 | 17:08 WIB

Buron 2 Tahun Kasus Korupsi, Eks Sekwan PALI Ditangkap

Jumat, 11 Februari 2022 | 07:19 WIB

Simpan 8 Paket Sabu, IRT di Tungkal Jaya Ditangkap

Rabu, 9 Februari 2022 | 17:25 WIB

Terpopuler

X