Presiden Jokowi Bertolak ke Belgia Usai Gelar Pesta Pernikahan Kaesang dan Erina Gudono

- Selasa, 13 Desember 2022 | 18:05 WIB

TIMESUMSEL.COM, JAKARTA.- Presiden Jokowi nampaknya langsung kembali berkutat dengan tugas kenegaraan usai melangsungkan pesta pernikahan putera bungsunya, Kaesang dengan Erina Gudono.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Iriana Jokowi dan delegasi terbatas, Selasa (13/12/2022) pagi, bertolak menuju Brussel, Belgia dalam rangka menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-Uni Eropa (EU).

“Pagi hari ini, saya bersama Ibu Negara dan juga delegasi terbatas akan menuju ke Brussel di Belgia, dalam rangka menghadiri KTT ASEAN-EU dalam rangka 45 tahun hubungan ASEAN dan Uni Eropa,” kata Presiden dalam pernyataan pers sebelum keberangkatan, di Bandar Udara (Bandara) Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Presiden menekankan, hubungan yang baik antara ASEAN dan Uni Eropa harus terus diperkuat karena Uni Eropa salah satu mitra dagang strategis bagi ASEAN.

Nilai perdagangan antara ASEAN dan EU pada tahun 2021 mencapai 268,9 miliar dolar AS, terbesar ketiga setelah Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dan Amerika Serikat (AS).

“Foreign direct investment [FDI] dari Uni Eropa ke ASEAN yang berjumlah sebesar 26 miliar Dolar AS di tahun 2021 juga merupakan foreign direct investment yang terbesar kedua setelah RRT. Inilah kenapa terus kita perkuat, terus kita tingkatkan hubungan yang baik antara ASEAN dan Uni Eropa,” ujar Presiden. *

Editor: Awan A

Tags

Terkini

PPKM Dicabut, Wagub Sumsel Ingatkan Prokes

Selasa, 3 Januari 2023 | 09:01 WIB

Aksi Nyata Petugas Ground Patrol PLN

Kamis, 15 Desember 2022 | 12:23 WIB

Diprediksi Desember-Januari Puncak Musim Hujan

Sabtu, 3 September 2022 | 08:43 WIB

Terpopuler

X