• Selasa, 6 Desember 2022

Wartawan Boikot Kartu Tanda Media Saat Peresmian Museum Batu Bara

- Kamis, 18 Agustus 2022 | 09:47 WIB

TIMESUMSEL.COM, TANJUNGENIM.- PT Bukit Asam terkesan membatasi  Wartawan untuk meliput kegiatan peresmian Museum Batu Bara Bukit Asam yang bertepatan dengan  HUT RI ke-77, Rabu (17/8/2022).

Imbasnya, wartawan yang datang pada kegiatan itu kompak melakukan boikot dengan menggantung kartu tanda media yang diberikan oleh penyelenggara.

Bahkan, salah satu wartawan yakni Ika Anggraeni mendapat perlakuan buruk dari oknum staf Humas PTBA. Dirinya yang sedang melakukan tugas meliput kegiatan ditarik paksa oleh oknum staf Humas PTBA tersebut dan menuding jika dirinya melakukan perbuatan tidak sopan.

“Saya kan sedang meliput, karena melihat rekan-rekan wartawan lain yang aksesnya dibatasi sehingga tidak leluasa meliput, saya menghampiri Direktur Operasional PTBA untuk menanyakan hal tersebut. Namun belum selesai bicara, tiba-tiba seorang oknum staf Humas PTBA menarik saya secara paksa dan menuduh saya berperilaku tidak sopan,” papar Ika seperti dikutif dari the8news.com.

Ika pun mempertanyakan perilaku dirinya ,mana yang dianggap tidak sopan tersebut. Padahal dirinya bekerja dengan tetap menjaga etika  wartawan.

Tidak hanya itu, saat Ika mempertanyakan apakah wartawan dilarang melakukan peliputan kepada Sekretaris Perusahaan PTBA Apolonius Andwie, secara tegas Sekper PTBA tersebut mengatakan tidak boleh.

“Kita kan datang kesini untuk bertugas melakukan peliputan, apalagi dari penyelenggara pihak PTBA memberikan kartu tanda media. Jadi untuk apa ada kartu tersebut kalau kami tidak diperbolehkan meliput dan hanya disuruh duduk seperti acara kondangan,” paparnya.

Hal senada disampaikan wartawan lainnya yaitu Andreas Eko Prakoso yang juga meliput pada kegiatan itu. Dirinya bahkan bingung karena  posisi wartawan sangat terbatas dan hanya diminta duduk menunggu press release.

“Tujuan kita datang kan untuk meliput dan membuat berita secara langsung sesuai apa yang didengar dan terjadi di lapangan. Jika hanya menunggu rilis saja jadi apa gunanya kita datang..? ,”tanya Andreas.

Halaman:

Editor: Awan A

Tags

Terkini

Dampak Kenaikan BBM, Polres Musi Rawas Salurkan Bansos

Senin, 5 September 2022 | 20:35 WIB

Pawai Mobil Hias Sambut Ramadan 1443 H

Kamis, 31 Maret 2022 | 09:35 WIB

Terpopuler

X